Catatan si Bungsu


Oke siapa disini yang anak bungsu or bontot alias Maknae? Kamu yang ngaku jadi anak bungsu pasti sering banget denger enak ya jadi anak bungsu. Semua maunya pasti dituruti!” hey gak semuanya kaya gitu! Contohnya gue, jadi anak bungsu dari 8 bersaudara (busyeddd banyak amat kakak gue) kerjaanya Cuma disuruh-suruh ama mereka. Alesanya sih gak masuk akal “karena gue masih single belum repot gendong anak gitu”. 

 Gak Cuma disuruh-suruh sih, yang paling gak enak itu dibanding-bandingin dengan mereka. Resiko gue punya kakak-kakak yang perfect  kalo gue bikin kesalahan dikit aja ntar tu orang-orang pada rempong dech :“eh lu yakin adiknya dia, dia kan pinter dll kq lu begini sich?” Ya elaaaah sis gue kan masih kecil jangan dibandingin ama mereka  yang udah berpengalaman donkk. Mereka dulu kecilnya juga kaya gue kq. Nah disaat gue bisa bikin bangga keluarga yang dibawa ya mereka lagi.“ Ya wajar lah kamu pinter, Kakak kamu kan pinter-pinter semua”

HalaAaaah apaan coba ? Yang berusahakan gue sendiri kenapa juga dihubung-hubungin ama mereka? Ada lagi ni gak enaknya jadi anak bungsu, kalo pergi main pulang telat dikit udah di-smsin N di telponin. Sebenernya sih wajar keluarga khawatir kalo adik yang ngangenin ini gak pulang-pulang (hahah) tapi kadang sebel juga sich, gue kan masih pingin kumpul ma temen-temen lama. Gue itu udah gede, plis jangan anggap gue anak ingusan yang baru lahir kemarin sore.  Masa loe yang disana boleh gue yang disini gk boleh! Emang ya anak bungsu itu terlahir jadi satpam dirumah. Hahaha

Pernah sih nyesel punya kakak kaya gitu. Whaaaaat? Tapi gak selamanya jadi anak bungsu itu menyakitkan. Ada enaknya juga jadi anak bungsu yang punya kakak banyak, gue bisa belajar dari mereka. Belajar tentang kehidupan, tentang masalah tentang solusi . Mereka selalu ada saat gue butuh sosok orang tua, saat gue sedih, saat gue banyak masalah, dan yang paling penting saat gue lagi butuh duit (hahahahaa). Gumawo  kakak telah menjadi kakak, orang tua dan keluarga bagiku. Meski aku mungkin tak terlalu berarti dalam hidupmu.

Kakak
Aku sadar tak mampu menjadi sosok sepertimu
Tak mampu mengikuti jejak langkahmu
aku tak sanggup mengejar bayangmu,
tapi aku kan selalu berada dibelakangmu.
Menjadi sesuatu yang mungkin sangat berbeda denganmu
Menjadi diriku sendiri seperti yang kumau
Tanpa perduli kata orang tentang kamu dan aku
Karna aku tau jalan hidupmu dan jalan hidupku tak tak mungkin menyatu
Tapi Disaat aku terjatuh
kau selalu datang dan menggandengku tuk berjalan disampingmu
kakak
kau idola bagiku
kau contoh hidupku
terimakasih kakak
untuk segala senyummu diwaktu aku kalah
untuk semua nasehatmu disaat aku salah
untuk semangatmu dikala kumelangkah
terimakasih telah menjadi kakak-kakakku
terimakasih telah menjadi orangtua bagiku
kalian kakak terbaik dalam hidupku
dari aku yang selalu mencoba menjadi sepertimu

Unknown

Gadis Pencinta Hujan.

23 komentar:

  1. akhirnya posting.. :)

    jadi ini perasaan si bungsu, ya.. hem
    ..

    eh ada kata yg dobel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum kemaren merantau ke daerah yg gak ada sinyal
      hahaha anak sulung mah gak pernah ngerasain.. iya tah? yang mana?

      Hapus
  2. Permisi non.. Maaf bru bisa mampir nih.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk popoo.. Emang aq nyuruh kamu mampir po? Hahhaha.. Gimana projek?

      Hapus
  3. Jadi anak pertama juga banyak suka-dukanya. Ehehe.

    Itu serius 8 saudara? Rame banget! Pasti seru tuh kehidupan rumahnya. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi anak pertama banyak ngalah kali yaa.. Hahhaaha iya niee. Tapi dh pada nikah smua jdi yaaa gk rame2 banget sichh.. Dh gede

      Hapus
  4. hmm kata2 terakhirnya ngena beudd...😍😍
    salah sendiri lahir jadi anak bungsu 😂 *heureuy eta mah cin

    gak ada yg salah ketika trlahir jd anak bungsu, sulung, tengah atau pengais bungsu, smua anak terlahir sama dn saling melengkapi satu sama lain, lw bungsu lebih sering direpotin itu karena mereka lebih nyaman minta tolong ke yg bungsu 🙆🙆
    teruslah bergerak ke arah yg lebih baik de, jgn pedulikan kata2 orang, kcli kata2 itu mebuatmu makin baik kedepannya. yang tau tntng diri kita bukan orang lain tpi diri kita sendiri 😊.
    teruslah berkarya dn lakukan smua hal yg ingin kamu lakukan selagi itu baik,in syaa Allah kakak2mu akan terus mendukung adiknya, eaa... 😘😘
    btw anybusway tulisannya lebih bagus dari pda postingan yg pertama 👍👍✊✊.
    fightingg.....

    salam rindu dri negeri serambi mekkah 😜😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhhaaa asiikkk 1 kakak gue kena hhh.... sebodo teing ah AMA kataa orang ..tukeran dch sehari jdi bungsuuu... Kata2 yg mane??? Harus lebih baikk donk.. Mass Gk berkembang

      Hapus
  5. Semua ada nasibnya, mau jadi anak sulung atau bungsu, atau di tengah-tengah hehe (ini posisi saya sekarang: anak tengah, punya kakak, punya adek juga hehe). Apapun kategorinya, at least kita masih dikaruniai saudara kandung. Itu berkah banget lho :D Btw, banyak juga ya sampe delapan bersaudara :O

    Saya juga sering dibanding-bandingin sama kakak sendiri (yang emang lebih pinter), dulu sih risih, tapi lama-kelamaan ya terima aja. Dibawa santai. Toh semakin kesini, karir masing-masing beda. So, diterima aja orang lain mau ngomong apa, toh yang ngerasain rasanya perjuangan itu kan kita sendiri, ya ngga? Biarlah orang bicara apa :)

    "Belajar tentang kehidupan, tentang masalah tentang solusi . Mereka selalu ada saat gue butuh sosok orang tua, saat gue sedih, saat gue banyak masalah" --> nah, alahamdulillah dapet sisi positifnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah punya kakak n punya adikk kayak na enak jehhehehe... Iya bersyukur kq.. LW boleh milih mw lhir di kluarga yg kaya apaa aku tetep milih jdi anak terakhir dikluarga inii.. Alhamdulillah selalu Ada positifnya

      Hapus
  6. ooh jadi gak semuanya enakm ya jadi anak bungsu kirain jadi anak bungsu itu enak kayak kebanyakan orang bilang.
    tapi iya juga sih paling enak juga kalo nyuruh ke adek bungsu. heheee..
    semua posisi juga ada enak enggaknya lah ya, mau bungsu, pertama, tengah pun.
    duuh penutupnya bikin terharu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi posisi kamu yg mana nie? Awal akhir apa tengah??hehehhe pasti lah smua na km diciptakan berpasang2an.. Ada enak dan Gk enaknya... Haduhh jangan baper yaa. Kn saya jdi report jhhehe

      Hapus
    2. posisiku tengah.
      gak lah aku mah gak baperan.. hahaha..

      Hapus
    3. enak tu tengah punya kakak yang bisa d contoh n ada adik yang selalu bisa d suruh hahhahah

      Hapus
  7. oh gitu ya jadi anak bungsu
    saya belom pernah loh jadi anak bungsu
    soalnya saya ini anak pertama
    pertama itu identik dengan angka 1
    1 itu lurus
    lurus itu tol
    tol itu biasa dilalui sama mobil
    motor engga boleh masuk
    ngomongin motor
    tw engga kenapa sih motor rodanya 2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tukerann yoookk kamu anak terakhir aku anak pertama.. Hahah biaar Tau bengkok2 na kehidupan hahhhah.. Kenapa motor itu roda 2 karena kaloo 3roda itu obat nyamukkk

      Hapus
  8. Gua, kalo jujur sih, agak susah baca tulisan lo di postingan ini. Banyak yang kata-katanya susah dicerna sama otak gua. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuh maaf dch.. Bsok2 bakalan d benerin kata2 na biar gk bikin pembaca bingung

      Hapus
  9. Kayaknya paling sedih itu aku deh sebagai anak tengah :( wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya enak anak tengah?? Punya kakak n adikk.. Ada kakak yg bisa d contoh punya adiik yg bisa d suruh hahhaha

      Hapus
    2. Enggaaaaaaak Mbak -_- percayalah mbak, percayalaaaaah wkwkkw

      Hapus
  10. Sebagai anak tengah, saya kadang suka mikir jadi anak bontot. Gak apa-apalah bontot, daripada tunggal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sich d syukuri aja yng ada .. gk kebayang jdi anak tunggal.. gk asik kyak na

      Hapus